Friday, February 8, 2013

Ilmuwan Ungkap Bintang Mampu Ciptakan Planet

5910801a89d2f653f5c7fb7934f0_h366_w650_m6_lfalseCALIFORNIA - Bintang diyakini mampu melahirkan planet-planet yang mengorbit di luar sistem tata surya. Ilmuwan menggunakan teleskop luar angkasa Herschel milik European Space Agency (ESA), menemukan bahwa bintang bernama TW Hydrae cukup masif untuk mampu menciptakan banyak planet.
Dilansir Jpl.NASA, Jumat (8/2/2013), sebuah disk (berbentuk cakram) material yang mengelilingi bintang TW Hydrae cukup besar untuk membuat planet ketimbang planet yang ada di sistem tata surya. ESA dan National Aeronautics and Space Administration (NASA) terlibat dalam penelitian bintang masif tersebut.
Ilmuwan meyakini TW Hydrae telah terbentuk sekira 10 juta tahun dan berjarak 176 tahun cahaya. TW Hydrae memiliki jarak relatif dekat dengan Bumi oleh standar astronomi. Cakram pembentuk planet telah dipelajari dengan baik oleh para ilmuwan.
TW Hydrae relatif muda, namun bintang ini telah melewati usia, di mana planet raksasa mungkin sudah terbentuk. "Kami tidak mengharapkan untuk melihat begitu banyak gas di sekitar bintang ini," ujar Edwin Bergin dari University of Michigan.
Bergin memimpin studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature. "Umumnya bintang pada usia ini telah membersihkan material di sekitaranya. Namun, bintang ini masih memiliki massa yang cukup untuk membuat planet yang setara dengan 50 Jupiter," tutur Bergin.
Dalam laporannya, Bergin menunjukkan metode baru yang lebih tepat untuk menimbang cakram pembentuk planet. Teknik sebelumnya untuk menilai massa, dinilai tidak langsung dan tidak pasti. Sedangkan metode baru ini bisa menyelidiki langsung terkait gas yang mendukung pembuatan planet.

0 komentar: